Kamis, 24 Februari 2011

23 Tips Memperlambat Penuaan Dini

23 Tips Memperlambat Penuaan DiniINI-TIPS.BLOGSPOT.COM
Wajah adalah jendela yang menggambarkan hati Anda. Wajah yang tersenyum & bersinar cerah dapat menambah daya tarik kepribadian seseorang. Oleh karena itu, merawat wajah sangatlah penting.

Gejala penuaan dini adalah tanda-tanda yang pertama terlihat pada bagian wajah dan leher, inilah pentingnya agar Anda menjaga kulit Anda sejak dini untuk menghindari gejala penuaan dini. Ada beberapa langkah mendasar perawatan wajah yang akan memastikan kecantikan abadi dan kulit bersinar.

Bagi kaum wanita, bertambahnya usia, tidak berarti berkurangnya kecantikan. Usia boleh bertambah, namun pesona, terutama di depan suami, tetap harus dijaga. Salah satu yang mempengaruhi kecantikan dalam hubungannya dengan bertambahnya usia adalah kecantikan kulit.

Untuk mempertahankan kulit dan menghindari penuaan dini, tidak perlu menghabiskan banyak uang. Misalnya dengan membeli produk krim atau produk anti kerut, atau bahkan dengan operasi. Berbagai macam cara yang cukup sederhana dapat ditempuh untuk menghindari penuaan dini tersebut.

Untuk mengantisipasi datangnya kerutan sebelum saatnya, ikuti beberapa tips yang mudah diterapkan sehari-hari untuk meremajakan kulit secara simple dan aman tanpa menggunakan produk anti kerut apapun :

1. Tips Merawat Kulit Di Daerah Berpolusi Tinggi
  • Bagi orang yang tinggal di daerah dengan tingkat polusi yang cukup tinggi, sebaiknya kita harus menjaga kesehatan kulit sejak dini, sehingga kita dapat terhindar dari penuaan kulit wajah.
  • Adapun pencegahannya antara lain dengan cara kita harus selektif dalam memilih kosmetik terlebih pembersih wajah yang akan kita gunakan.
  • Apabila kita membersihkan wajah dengan menggunakan foam sebaikknya, setelah wajah dibasahi dengan air kemudian diberi foam, lalukan pemijatan wajah selama kurang lebih 1 menit sebelum kita bilas dengan air sampai bersih.
  • Jika kita akan menggunakan make up, pilihlah make up dengan bahan dasar yang aman bagi kulit.
  • Nah, sebelum mengaplikasikan make up tersebut pada wajah, sebaiknya percikan wajah anda dengan air dingin atau air es sehingga wajah anda akan tampak lebih segar.
2. Stop Merokok.
Kandungan nikotin dalam rokok dapat mempercepat timbulnya kerutan, terutama di ujung mata, dahi, dan bagian samping bibir. Selain itu merokok juga membuat kulit tampak kusam dan kasar.

3. Hindari Sindrom Yoyo.
Cegah kenaikan dan penurunan berat badan (sindrom yoyo) yang terlalu drastis, seperti diet yang terlau ketat tanpa diimbangi olahraga dan nutrisi yang cukup.

4. Gunakan Krim Malam
Sebelum tidur, jangan lupa membersihkan sisa make-up diseluruh wajah dan leher. Setelah itu, balurkan krim malam dan eye cream yang bersifat anti-aging untuk menyamarkan kerutan pada wajah, leher, dan area sekitar mata. Gunakan juga pelembab yang bersifat anti-aging di pagi hari.

5. Berolahraga Secara Teratur.
Berolahragalah 1 jam setiap hari. Saat anda berolahraga, pori-pori kulit anda akan mengeluarkan keringat, yang artinya kulit membersihkan diri secara alamiah sehingga peredaran darah pun lancar. Selain itu, metabolisme kulit pun akan meningkat. Pilih olahraga seperti yoga,pilates, atau renang.

6. Hindari Minuman Berakohol.
Alkohol akan mempercepat hilangnya air dari kulit.

7. Perbanyak Minum Air Putih.
Sedikitnya, minumlah 8 gelas air putih sehari. Kurangnya cairan dalam tubuh akan berefek langsung pada kulit: kulit akan terlihat bersisik, kering, kusam, dan kehilangan elastisitasnya.

8. Minumlah Vitamin.
Setiap hari lengkapi asupan makanan anda dengan vitamin C dan vitamin E agar kulit anda tetap cantik dan segar.

9. Konsumsi Buah dan Sayuran Segar.
Perbanyak makan yang mengandung serat dan vitamin. Buah dan sayuran tidak hanya membantu memperlancar proses metabolisme tubuh dan pencernaan, tetapi juga memberi tambahan nutrisi bagi kulit. Pilih buah berwarna, seperti papaya, tomat, jeruk, dan apel, serta makanan berbahan sayuran seperti salad, gado-gado, karedok, urap dan lalapan.

10. Tidurlah Dengan Cukup.
Idealnya, tidurlah 8 jam sehari dan pergilah tidur di bawah pukul 22.00 karena proses perbaikan dan regenerasi kulit berlangsung secara efektif pada pukul 21.00-24.00.

11. Perhatikan asupan nutrisi.
Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein, terutama purin (yang terdapat pada ikan dan daging), lemak tidak jenuh, karbohidrat rendah, vitamin E, vitamin C, serta berbagai mineral. Dan, jangan lupa minum segelas susu per hari. Jika anda tergolong gemuk, pilih susu non fat.

12. Lakukan Perawatan Rutin
Melakukan perawatan rutin, yang biasa kita lakukan setiap hari seperti membersihkan wajah dengan sabun yang mengandung pelembab pada malam hari sebelum tidur.

13. Lakukan Perawatan Wajah.
Sejak usia 20 tahunan, secara rutin gunakan pelembab dan krim pelindung dari sinar matahari.

14. Selalu Bersihkan Wajah.
Setelah keluar rumah, bersihkan wajah anda agar debu dan kotoran tidak menempel.

15. Pilih Makanan Sehat sebagai Nutrisi Kulit
Kulit, banyak membutuhkan zat gizi dan nutrisi dalam menjaga kesehatannya. Sayuran dan buah segar akan membantu kesegaran kulit, dan vitamin E mampu membantu peremajaan kulit. Sebaliknya, mengkonsumsi makanan berlemak tinggi dan alkohol dapat merusak kulit. Asap rokok juga terbukti dapat membuat kulit kusam.
Konsumsi makanan yang baik dan sehat, perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Minumlah sedikitnya 8 gelas dalam satu hari.

16. Pilih sabun yang benar.
Ada jenis sabun tertentu untuk bagian kulit tertentu. Tidak bijaksana membasuh muka dengan sabun mandi misalnya. Untuk mempertahankan kulit agar senantiasa lembut dan bersinar, gunakan sabun untuk mencuci tubuh hanya pada wilayah tertentu saja. Pilih bagian, wajah, ketiak, kaki, pangkal paha, dan pantat untuk dibasuh dengan sabun. Untuk lokasi tubuh lain, cukup dibilas dengan air. Sabun bisa membuat kulit mengelupas akibat kandungan minyak alami dari sabun.

17. Satu Menit Pembersihan
Saat membersihkan wajah dengan pembersih, pijat lembut kulit wajah dengan alur teratur. Pembersihan dan pijatan ini dapat menghilangkan sisa make up dan akan memecah kotoran, serta membasmi zat perusak seperti debu, bakteri, dan produk residu. Lakukan pijatan tersebut selama satu menit sebelum dibilas.

18. Pilih Pembersih Wajah yang Berbusa.
Untuk pembersih wajah, pilih produk gel atau pembersih lain yang berbusa. Dan penting diingat, gunakan pembersih saat kulit dalam keadaan basah. Penggunaan pembersih pada kulit kering, justru dapat merusak sel-sel kulit.

19. Persiapan Sebelum Ber-Makeup
Air dingin sebelum bermake-up akan membantu mengencangkan kulit dan membuat make-up tertata mulus pada kulit. Percikkan air dingin sebelum menggunakan make-up. Percikan air ini juga akan membantu mengecilkan pori wajah dan memuluskan kulit wajah. Efek jangka panjangnya adalah membantu mencegah penuaan dini.

20. Fungsi Pelembab sebelum Make-up
Pelembab, sebaiknya dibiarkan selama tiga menit supaya benar-benar meresap ke kulit sebelum di lapisi make-up. Pelembab akan membantu menjaga make-up tetap melekat dan tampak nyata sepanjang hari.

21. Kurangi atau Hindari Terkena Matahari Langsung
Usahakan jangan terkena sinar matahari secara langsung, apalagi dalam waktu yang sangat lama, karena sinar ultra violet yang dipancarkan matahari sangat berbahaya bagi kesehatan kulit kita. Bila keadaan tersebut tidak mampu dihindari, kita bisa mengatasinya dengan memakai sunblok.

22. Menggunakan Tabir Surya
Di usia 50-an, tanda-tanda kerusakan kulit akan muncul seperti bintik atau bercak kecokelatan. Sejak dini, wanita perlu mencegah kerusakan kulit dengan menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF 30.

23. Tidak Akan Menggaruk Wajah
Kita selalu merasa tergoda untuk menggaruk dan mengambil luka bekas jerawat atau komedo dengan tangan. Namun perlu diingat, Anda akan meninggalkan bekas jaringan parut di wajah. Luka atau komedo harus diekstraksi dengan alat atau produk perawatan kulit yang tepat.

Wajah merupakan salah satu aset penting bagi manusia, jadi jagalah kulit wajah anda dengan baik sejak dini. Ok?

Semoga Tips Ini Bermanfaat Bagi Anda
O.K sampai di sini dulu artikel tentang 23 Tips Memperlambat Penuaan Dini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sayonara ... ^^ — INI-TIPS.BLOGSPOT.COM
Copyright 2011 - INI-TIPS.BLOGSPOT.COM